Rumah Sakit adalah suatu pelayanan yang padat karya, padat modal, padat profesi, padat aneka fasilitas dan padat masalah. Dalam melaksanakan tugasnya yaitu upaya kesehatan secara berdaya guna dan berhasil guna dengan mengutamakan upaya penyembuhan dan pemeliharaan yang dilaksanakan secara serasi dan terpadu dengan upaya peningkatan dan pencegahan serta melaksanakan rujukan. Sebagai  rumah sakit Katholik, Gereja mengharapkan  tetap ikut terlibat dalam melayani pasien miskin yang menjadi saluran berkat bagi mereka yang miskin, lemah, tak berdaya dan mendukung program Pemerintah.

Bagi kita pasien yang datang ke Rumah Sakit St. Gabriel Kewapante bukan hanya sebagai “TAMU ISTIMEWA namun sebagai “KELUARGA ALLAH TRITUNGGAL”, sehingga pelayanan kesehatan mempunyai dimensi Ilahi dengan management kerajaan Allah yang tidak semata mengembangkan teknologi, tetapi terutama mencintai kehidupan. Sebagai keluarga, pasien seharusnya tidak takut dirawat di Rumah Sakit, hak-hak pasien harus diberikan dan memancarkan aroma/aura/energi kasih.

Pelayanan kesehatan Rumah Sakit St. Gabriel Kewapante tidak dapat dipisahkan dengan Arah Dasar, Visi dan Misi  karya kesehatan Kongregasi Suster-Suster Misi Abdi Roh Kudus (SSpS), karena hal ini menjadi pijakan dasar dan landasan untuk menjabarkannya dan mengaplikasikan dalam pelayanan di Rumah Sakit St. Gabriel Kewapante.

Visi dan Misi ini disusun sebagai pedoman seluruh pelayan kesehatan di Rumah Sakit St. Gabriel Kewapante untuk diperdalam, dihayati dan diaplikasikan dalam pelayanan baik secara institusional maupun secara pribadi setiap karyawan/karyawati, sehingga keluarga besar Rumah Sakit St. Gabriel Kewapante sungguh dapat merasakan kehadiran Allah Tritunggal dalam setiap pelayanan yang diterimanya dan kita pun sebagai pemberi pelayanan sungguh dapat saling berbagi kasih sebagai berbela rasa berbakti untuk sesama dan ikut ambil bagian dalam menyelamatkan banyak orang.